Disparbud Kota Bogor Gelar Binojakrama Padalangan

Posting Komentar


BOGOR, Kobra Post.

Untuk melestarikan kebudayaan wayang golek yang merupakan seni tradisional peninggalan leluhur dari Jawa Barat, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Bogor menggelar Binojakrama Festival Padalangan di halaman Gedung BKPP, Jl. Juanda Kota Bogor, Minggu (25/08/2019).

Uci Sanusi panitia lomba festival Padalangan dari bidang pengembangan seni dan budaya mengatakan, acara tersebut diikuti oleh 6 orang dalang cilik dan 6 peserta dalang dewasa.

“Ada 3 orang juri dari Bandung yang akan menilai para peserta. Kegiatan ini bertujuan untuk  menghasilkan dalang terbaik yang akan mengikuti festival tingkat Nasional mewakili Jawa Barat, pada September 2019 nanti,” katanya.

Masih penuturan Uci, Seni budaya tradisional Jawa Barat sangat beragam, tentunya kita sebagai warga Jawa Barat harus menjaga dan melestarikannya, agar tidak hilang ditelan zaman.

“Kini di zaman milenial, sebagai generasi penerus khususnya warga Jawa Barat, cintailah budaya peninggalan para leluhur yang mewariskan  seni tradisional tersebut,” tuturnya.

Uci berharap agar Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor dapat memberi ruang untuk perkembangan seni padalangan di Kota Bogor.Agar seni dan budaya dari Jawa Barat dapat dilestarikan,” harap Uci. 

(Hamid)

 

Daftar nama pemenang Binojakrama Padalangan 2019

Kategori Dalang Bocah :

1. Juara 1                    : Bayu dari Sanggar Edas

2. Juara 2                    : Ariya dari Sanggar Edas

3. Juara 3                    : Exsel dari Sanggar Arga Jati dan Andika

4. Juara Harapan 1     : Barnes dari Sanggar Arga Jati dan Andika

5. Juara Harapan 2     : Noffal dari Sanggar Edas

 

Kategori Dalang Dewasa:

1. Juara 1                    : Aden Abdulah dari Sanggar Gelar Gunara

2. Juara 2                    : Sudrajat dari Sanggar Argajati

3. Juara 3                    : Ujang Jaya dari Sanggar Sanga Manik


Related Posts

Posting Komentar