Warga Kencana Sulap Rumah Hantu Jadi Rumah Bermain Anak

Posting Komentar


BOGOR, Kobra Post.
Anak-anak yang aktif sudah lumrah, karena bukan hal yang aneh jika di usia mereka, bermain adalah hal yang paling menyenangkan. Oleh karena itu mereka akan senang dan bahagia ketika disiapkan tempat bermain dengan fasilitas yang memadai.

Ide kreatif muncul dari warga RT.05 RW.08 Perumahan Taman Griya Kencana Kelurahan Kencana Kecamatan Tanah Sareal Kota Bogor yang menyulap rumah kosong menjadi rumah bermain anak. Meskipun belum sempurna, setidaknya membuat anak-anak di komplek perumahan itu merasa senang.

Kini rumah berukuran 72 meter persegi itu setiap hari ramai dipenuhi oleh anak-anak. Mereka datang kesitu hanya untuk bermain dengan fasilitas seadanya, seperti ayunan dan fasilitas lainnya.

“Dulunya ini rumah kosong tak terawat, bahkan warga disini menyebutkan rumah hantu karena terkesan angker, ujar Ketua RT.05 Perumahan Taman Griya Kencana Siti Djuhana di sela-sela acara Launching Rumah Bermain Anak, Minggu (21/07/2019) lalu.

Siti Djuhanah menyebutkan, sudah puluhan tahun rumah itu tidak ada penghuninya. Sejak dibangun, kita tidak tahu penghuninya siapa. Tadinya ini serem, gelap tanpa lampu penerangan. Jadi anak-anak kalau lewat sini pada takut, kata Siti Djuhanah yang juga ASN (Aparatur Sipil Negera) atau PNS di Kementerian  Pekerjaan Umum ini.

Rumah hantu tersebut kini telah disulap sedemikian rupa menjadi rumah bermain bagi anak-anak. Didalamnya terdapat arena bermain anak seperti ayunan, permainan congklak, perpustakaan mini, sedia air minum serta dindingnya dihiasi gambar mural oleh pemuda sekitar. Salah satu gambar yang terpampang adalah gambar Presiden RI ke-4 KH. Abdurachman Wahid atau Gusdur.


Ketua RW.08 Hery Kiswanto menambahkan, rumah bermain anak ini pembuatannya masih belum rampung 100 persen, karena masih butuh pembenahan dan penambahan fasilitas seperti nanti rencananya akan dibangun kolam ikan.

Menjawab pertanyaan kenapa sudah di Launching padahal belum rampung 100 persen, Hery mengatakan, ide Launching tersecetus dari mantan Sekretaris Kelurahan Kencana. “Pak Seklur Iyan yang kini bertugas di Kelurahan Babakan Bogor Tengah menyampaikan idenya saat dia diundang ke RW.08. Dia menyampaikan bagaimana kita Launching dulu. Tujuannya, agar bisa lebih dikenal luas oleh masyarakat,” ungkapnya.

Sementara itu Lurah Kencana Syafei R menyampaikan apresiasi kepada warga dan Ketua RT.05 RW.08 Taman Griya Kencana yang telah menyulap rumah kosong menjadi arena bermain anak.

“Kedepan tidak menutup kemungkinan akan menjadi RT atau RW ramah anak sesuai yang dicanangkan Pemerintah Kota Bogor, bahwa Kota Bogor Kota Layak Anak, sejalan dengan visi dan misinya yaitu Kota Ramah Keluarga. InsyaAllah nanti akan kita laporkan ke Pemkot Bogor, bahwa RW.08 pantas menjadi RW layak anak, pungkasnya. (Didon)

Related Posts

Posting Komentar