Ironis, Korban Longsor Mekar Jaya Belum Terima Bantuan Pemkab Bogor



BOGOR, Kobra Post.
Sudah empat bulan korban tanah longsor di Kampung Mekar Jaya, Desa Cibeber I Kecamatan Leuwiliang terlantar karena belum mendapat bantuan dari Pemerintah Kabupaten Bogor. Padahal sebelumnya, setelah kejadian pihak BPBD (Badan Penanggulangan Daerah) sudah datang melakukan survei serta mendata jumlah korban dan kerusakan dari tanah longsor tersebut.

Pejabat Sementara (Pjs) Kepala Desa Cibeber I Dedi S. membenarkan belum turunnya bantuan dari Pemerintah Kabupaten Bogor. Namun Pemerintahan Desa sudah memberikan bantuan dana sebesar Rp15 juta dan sembako untuk 4 rumah yang tertimpa longsor.

“Kita sudah mengusulkan ke BPBD, namun tak kunjung tiba. Jawaban BPBD pengajuan yang kita sampaikan dianggap telat. Jadi aneh, padahal yang mendata setelah kejadian itu langsung dari pihak BPBD,” tegas Dedi dengan nada kesal.


Dedi berharap pihak BPBD secepatnya merealisasikan bantuan untuk korban, sehingga mereka bisa kembali menempati rumahnya.

Hal senada diungkapkan Ketua RT 03 RW 09 Pepen Supendi yang juga salah satu korban tertimpa longsor.

Selaku Ketua RT, saya tidak bisa berbuat apa-apa untuk membantu warga, karena rumah saya sendiri hancur dan sekarang masih menumpang di rumah anak,” katanya. 

Kejadian longsor di Kampung Mekar Jaya Desa Cibeber I terjadi menjelang bulan puasa tepatnya empat hari sebelum puasa. Ada 4 rumah yang mengalami rusak berat yaitu rumah Pepen, Ajis, Mahmud dan rumah Haji Dayat.

(D. Alek)


Related Posts